PDFSAM, Split dan Merge Dokumen PDF Secara Praktis, Gratis, dan Aman

Pekerjaan kita pasti selalu bersinggungan dengan dokumen, baik itu dokumen word maupun dokumen pdf. Nah, salah satu hal yang juga sering kita hadapi adalah soal memisah (split) dan menyatukan (merge) dokumen.

Kalo dokumennya dalam bentuk word, ini tidak menjadi masalah, karena dokumen word mudah untuk di-edit, baik untuk memisah dan menyatukan beberapa dokumen word menjadi satu dokumen.

Kalo dokumennya dalam bentuk pdf, tentunya kita membutuhkan aplikasi tambahan. Aplikasi ini ada yang berbayar, ada yang online, dan ada yang tidak berbayar. Untuk yang berbayar, pasti bukan opsi pertama untuk kita pilih. Temen-temen pasti masih memilih opsi online, tapi kekurangan online adalah, dokumen yang ingin kita pisahkan atau satukan harus kita upload ke web, artinya butuh koneksi internet dan penyedia platform pasti akan memiliki dokumen yang kita upload. Kalo dokumennya adalah dokumen penting dan rahasia, tentu saja pilihan ini harus kita hindari.

Nah, pilihan yang masuk akal adalah aplikasi offline/bisa di-install di laptop dan tersedia secara gratis. Untuk pilihan ini, saya merekomendasikan PDFSAM. Aplikasi ini bisa di-download dan di-instal di laptop. Dan tersedia untuk laptop yang menggunakan Windows, linux, maupun Mac. Tersedia tiga versi, dua versi berbayar (PDFsam Enhanced dan PDFsam Visual) dan satu versi tidak berbayar (PDFsam Basic).

Untuk keperluan memisah dan menyatukan, PDFsam Basic sudah lebih dari cukup. Saya sendiri pernah menggunakan untuk menyatukan tujuh dokumen sekaligus dengan total 231 halaman, dan versi basic-nya bekerja dengan sempurna. Oya, gambar di atas menunjukkan fitur pada PDFsam Basic. Cukup lengkap kan?

Mau coba??? Silakan download.

Comments

Popular posts from this blog

Upgrade Dell Inspiron 14 3458 Core i3-5005u (Broadwell)

Review Dell Inspiron 14 3458 Core i3-5005u (Broadwell)

Illegal Logging: Sebab, Akibat, dan Penanggulangannya