Email Client, Akses Email Tanpa Internet

Di era teknologi informasi ini, semua orang pasti memiliki email. Kegunaan email saat ini tidak hanya untuk kepentingan komunikasi, tetapi juga pra-syarat mutlak untuk memiliki akun media sosial, akun e-commerce, dan bahkan akun bank. Jadi, masing-masing dari kita, setidaknya memiliki satu email. Saya sendiri memiliki dua email aktif. Satu email kantor, dan satu lagi email pribadi.

TAPI, banyak dari kita yang tidak menggunakan email client.

Apa sih email client? Sederhananya, email client itu adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola email kita.

Apa bedanya dengan aplikasi email yang sudah kita miliki? Aplikasi email yang kita punya, entah itu Gmail, Yahoomail, Microsoft Outlook, dll itu adalah penyedia layanan email-nya. Nah, kalo email client, itu aplikasi pengelolanya, dengan fungsi yang sama dengan aplikasi email kita, baik untuk menerima, membaca, dan mengirim pesan.

Lah, ga ada bedanya kenapa musti pakai email client? Tetep ada bedanya. Satu, pada umumnya, untuk mengakses email dilakukan dengan web browser (Firefox, Google Chrome, dll), nah kalo dengan email client, akses email-nya ga perlu buka web browser lagi, tetapi dengan email client tadi. Dua, kalo akses email masih menggunakan web browser, maka perlu pakai internet. Kondisi ini tentu menyulitkan kalo kita sedang berada di lokasi yang sulit internet, sedangkan kita butuh untuk mengakses (bukan untuk mengirim) email. Nah, kalo kita pakai email client, semua email kita, itu akan ter-download di laptop atau komputer kita, sehingga ketika kita ingin mengakses email, tetapi tidak ada koneksi internet, kita tetap bisa akses email kita, setidaknya untuk email yang sudah ter-download ketika kali terakhir kita mendapatkan akses internet.

Oke, lalu apa saja email client yang tersedia? Banyak. Mau yang gratis atau berbayar? Kalo berbayar (ada versi gratisnya juga), ada Microsoft Outlook, emClient, Mailbird Pro, Inky, Hiri. Nah, kalo yang gratis, ada Thunderbird, Mailspring, Claws Mail, Sylpheed, Zimbra. Dan, kalo temen-temen adalah pengguna linux, ada beberapa tambahan email client yang tersedia secara gratis, misalnya Evolution, Geary, Kmail, Tojita, Elementary Mail, SeaMonkey, dan masih banyak lagi. 

Kalo saya sendiri lebih prefer menggunakan Thunderbird, karena mudah instalasinya. Dan saya sudah menggunakan Thunderbird sejak 2015. Pernah mencoba beberapa email client, tetapi akhirnya kembali ke Thundirbird.

Jadi, mau coba pakai email client???

Comments

Popular posts from this blog

Upgrade Dell Inspiron 14 3458 Core i3-5005u (Broadwell)

Review Dell Inspiron 14 3458 Core i3-5005u (Broadwell)

Illegal Logging: Sebab, Akibat, dan Penanggulangannya